News

Latest Post
Loading...
“Tiga syarat menghadapi tantangan global; perkuat kemandirian bangsa, tingkatkan daya saing, dan miliki peradaban bangsa yang mulia”. (Susilo Bambang Yudhoyono)

Selasa, 03 Januari 2017

Ayooo Reuni ....

Rochimudin Indonesia | Selasa, 03 Januari 2017 | 12.24 |
Reuni ..... ya sering kita mendengar bahkan mungkin pernah merasakanna. Namun apakah manfaat reuni? Reuni menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya pertemuan kembali (bekas teman sekolah, kawan seperjuangan, dan sebagainya) setelah berpisah cukup lama.
Sedangkan menurut Wikipedia, Reuni kelas adalah pertemuan mantan teman kelas, biasanya diadakan di atau dekat sekolah lama mereka oleh seorang anggota kelas saat atau mendekati ulang tahun kelulusan mereka. Mantan guru juga diundang. Umumnya, peserta reuni mengingat kembali atau bernostalgia tentang hari-hari sekolah mereka dulu, dengan detail mengingat teman-teman yang suka usil, dan bercerita tentang apa yang terjadi dengan masing-masing mereka sejak berpisah dan terpencar-pencar. Alumni biasanya sangat peduli dengan bagaimana hidup mereka berubah jika dibandingkan dengan hidup mantan teman sekelas mereka, dan kadang merasa tertekan untuk bercerita jauh mengenai karier sukses mereka, pencapaian pribadi, dan hubungan dengan orang lain.

Reuni SMA Negeri Kutowinangun lulusan 1995.

Beberapa manfaat temu kangen dalam acara reunian yang saya kutip dari manfaat.co.id, diantaranya:

1. Kembali merasakan masa sekolah

Sebagian orang menganggap ajang reuni sebagai hal yang sangat penting karena di reunianlah kita dapat kembali merasakan masa-masa sekolah yang penuh kebersamaan dan kebahagiaan bersama teman-teman. Masa-masa seperti ini hanya ada ketika kita sekolah, namun dengan reuni setidaknya kita bisa merasakan kembali hal-hal seperti itu walau sedikit. Mengingat hal-hal yang menarik, nama-nama panggilan yang kita dapat di masa sekolahpun akhirnya dipakai lagi ketika reunian. Memperbincangkan hal manis yang pernah kita lalui ini merupakan salah satu terapi hati yang efektif

2. Dipercaya dapat membuat umur panjang

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kumpul-kumpul bersama sahabat yang akan menimbulkan rasa kegembiraan dapat membuat umur kita lebih panjang. Dalam penelitian itu membuktikan bahwa seseorang yang banyak dikelilingi oleh teman dan saudara kemungkinan meningggal lebih cepatnya berkurang 50 persen. Orang-orang yang memiliki kehidupan sosial seperti ini rata-rata hidupnya bertambah hingga 3,7 tahun. Penelitian di Brigham Young University dan University of North Carolina (UCLA), Amerika Serikat juga mengungkapkan bahwa teman dan keluarga yang selalu mendukung dapat membuat seseorang lebih terasa mudah dalam menghadapi masalah sehingga kebahagiaan selalu tercipta dan membantu seseorang mengurangi beban masalahnya.

3. Menghilangkan stres dan depresi berat

Dukungan emosi yang didapatkan dari teman dan keluarga mampu meringankan beban dan masalah seseorang. Manfaat reuni alumni ini biasa menjadi tempat mencurahkan berbagai masalah sehingga mampu membuat seseorang merasa lebih bahagia. Beban dan masalah yang awalnya ia tanggung sendiri hingga membuat ia stres dan depresipun akhirnya berkurang bahkan hilang dan berubah menjadi sebuah keceriaan. Seorang professor medis Teresa Ellen juga menjelaskan, dukungan dan hubungan sosial seseorang mampu membuat tekanan darah, gula darah, metabolisme, dan stress hormonnya lebih stabil.

Berikut salah satu pesan dari Sutiono (http://www.kompasiana.com/sutiono/reuni-mudarat-atau-manfaat_56f61be09993737107ba908b) ketika beruni, Jangan cemburu, jika teman pria / wanita yang dulu pernah Anda taksir tampak lebih dekat dan akrab dengan teman yang lain. Atau jangan cemburu lagi jika terungkap kisah cinta teman pria / wanita incaran Anda, justru pada teman Anda sendiri. 

Jadikan itu lelucon masa lalu saja jangan menjadikan suasana menjadi kaku gara-gara kisah asmara masa lalu. Misalnya, Anda harus menjauhi mantan pacar yang kebetulan menikah dengan teman sekolah / kampus Anda. Semua sudah berlalu, apalagi sekarang Anda sudah memiliki keluarga masing-masing. Kisah asmara masa lalu biarlah menjadi kenangan masing-masing yang tidak perlu dibicarakan lagi. 

Bagi Anda yang menjadi Panitia penyelenggara reuni, indikasi sukses atau gagalnya sebuah reuni, tampak dari terjalin persahabatan lebih akrab setelah acara reuni berakhir, peserta tidak enggan datang lagi dalam reuni berikutnya, reuni berikutnya lebih banyak pesertanya, dan banyak peserta merasa bangga, karena memiliki teman lama yang masih ramah dan bersahabat sertan merasa dihargai sebagai sahabat. Jadi, sangat tepat bila Richard Paul Evans dalam bukunya " Lost December“ menuliskan bahwa "The sweetness of reunion is the joy of heaven”. Apakah Anda setuju ? Semuanya berpulang pada sikap Anda masing-masing.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan

//